Wednesday, May 15, 2013

Wartawan vs Penjual Aspal

Tau apa perbedaan dan persamaan wartawan dan penjual aspal pertamina/shell? Sama-sama jualan. Bedanya, yg satu jualan berita, satunya lagi jualan komoditas. Keduanya sama2 seru dan punya tantangan yg luar biasa, cuma beda aliran. Jualan berita ngga kenal musim, jualan aspal hanya di musim proyek dimana APBD/APBN bakal cair (*tengah tahun mpe mendekati akhir tahun). Semakin besar samudera yang diarungi, semakin besar tantangan tapi semakin terbuka peluang mendapatkan ikan-ikan besar. Jika takut thdp tantangan, harus puas dg ikan-ikan kecil. Berminat? Klo pemula yg tak bisa berenang dan hanya memiliki sampan sebaiknya jgn dulu ke tengah samudera. Nantilah, pasti akan ada saat dimana skill benar2 terbentuk, modal sudah cukup utk membeli peralatan dan perlengkapan yang lebih canggih dan bisa menyewa para tenaga yg handal. Majulah ke tengah samudera.

Belakangan, baru saya sadar jika ujung tombak sebuah produk memang sales/marketing. Sebagus apapun produk kalau tidak ada yang beli percuma, klo pemasarannya ngga bagus ya percuma. Sama halnya dg media cetak, sebagus apapun berita, sekaya apapun pemilik modal bisa mencetak koran sendiri, persoalannya siapa yang mau beli/baca? Kunci dari surat kabar (media cetak) adalah jangkauan informasi alias pemasaran, seberapa jauh ia bisa menjangkau pembaca yg terjauh dan secara kontinyu dibaca. Sebuah media cetak yg bisa eksis berpuluh2 tahun, konsepnya tdk sesederhana yg dipikirkan org. Ada semacam sinergi atau racikan yg pas dan kontinyu antara pemilik modal, pemasang iklan, materi pemberitaan dan tim antardivisi yang terlibat di dalamnya.

Saya pikir, hanya segelintir orang yang saat ini hidup sesuai dengan apa yang mereka cita2kan sejak lama. I would've also never pictured my life the way it is now. Kita mungkin sering ngga sadar bahwa sebagian yg kita jalani saat ini merupakan jawaban dari doa yang tertunda. Apapun itu profesinya, jalanilah sungguh2 dan jgn semata-mata berorientasi pd capaian berupa uang. I found that if I focused on making my life interesting, money came. But if I focused on money, I got stuck.

No comments: