Wednesday, May 15, 2013

Gestun (겟툰)

Fenomena gesek tunai (gestun) ternyata tidak hanya melanda kartu kredit, kartu debit pun bisa. Coba aja di sejumlah gerai minimarket (terutama yang tdk dilengkapi ATM). Bedanya, gestun dengan kartu kredit jelas merugikan bank. Kalau gestun dengan kartu debit? Aman. Alasannya, bank tdk mengambil keuntungan apapun dari pembelanjaan menggunakan kartu debit.

Kalau gestun kartu kredit, jelas mengganggu indikator peta perdagangan barang (ritel) dan lalu lintas uang secara nasional. Praktik itu berpotensi merugikan bank karena berkurangnya fee atas pengalihan transaksi dan juga berpotensi menciptakan kredit macet yang berada di luar persetujuan bank. Ini karena fee gestun yang dibebankan ke pemilik kartu kredit biasanya lebih rendah dari fee bank. Jelas aja org pilih ke jasa gestun. Penyedia jasa gestun kartu kredit kini menjamur, tak hanya di minimarket.

"Disini bisa gestun kartu debit ngga mba?" tanyaku pd seorang kasir di 7-Eleven Senayan City. "Ngga bisa kak. Disini ngga pernah bisa emang. Coba di tempat lain aja." Oh, baiklah. Beda dg yg terjadi di gerai minimarket Afamart maupun Indomaret di kawasan Slipi. Bisa gestun debit tapi dibatasi tidak lebih dari Rp 300.000, hehehe sama aja donk! Namanya juga minimarket, ngga pernah ready rupiah dalam jumlah besar di kasir krn tiap 2-3 jam sekali kasir harus setor (ada petugas yg ambil). Klo butuh cash mpe Rp 5 Juta (spt halnya gestun credit card) ya ngajuin aja utang ke bank. Transaksi di minimarket emang kecil-kecil. Kedapatan pembeli yang belanja pake voucher Rp 2 Juta aja bengong. Busyet! Ada ya voucher minimarket mpe jutaan dan ngumpul di satu orang yg sama.

"Kemaren ada org belanja pake voucher sampe Rp 2 Juta. Belanjanya lama, saya pikir mau ngerampok apa gimana ngga jelas juga," keluh kasir di Alfamart. "Lah, emang vouchernya asli pa kagak? Kan di tiap lembarnya bisa divalidasi?" komentarku. "Iya sih. Asli. Cuma kan ngga pernah kejadian kek gitu," lanjut si mba. Dia menang lotre ato jgn2 emang orang Alfamart sendiri. Klo voucher belanja mpe jutaan di hypermarket ato supermarket sih wajar. Pernah dapat, lgsg belanjain TV Samsung 32". Cakep dah! eits ngga boleh ngiri! hehehe..

No comments: