Wednesday, May 15, 2013

LTV

Kaget juga baca selebaran iklan salah satu dealer Suzuki, jual motor baru dg DP cuma Rp 1,5 juta. Di seberangnya lagi, dealer Honda juga menyebarkan selebaran iklan yg kurang lebihnya sama. Saingan deh! Tapi, kali ini dealer Honda lebih tertib (*sorry ane bukan salesnya Honda dan ngga pernah dapet titipan apa2 dr Honda). Masih ada ya DP Rp 1,5 Juta? Jika harga motor cash Rp 14,5 Juta, berarti DP-nya cuma sekitar 10% donk?

Bukannya aturan loan to value (LTV) itu sudah diberlakukan sejak setahun lalu ya? Wah, kacau bener nih Suzuki klo saingan (tp blm bandingin juga sih ama Yamaha, TVS, dll). Seperti kita ketahui, aturan buat leasing itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 43/PMK.010/2012 tentang Uang Muka Pembiayaan Konsumen Untuk Kendaraan Bermotor Pada Perusahaan Pembiayaan. Aturan ini menyusul setelah Bank Indonesia (BI) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 14/10/DPNP per 15 Maret 2012 tentang penerapan manajemen risiko pada bank yang melakukan pemberian kredit kepemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB). BI membatasi uang muka (down payment/DP) kredit motor minimal 25% dan kredit mobil 30% di perbankan, kementerian keuangan membatasi DP kredit kendaraan di perusahaan multifinance atau leasing minimal 20% untuk motor dan 25% untuk mobil.

Bandingkan dengan selebaran iklannya Honda, Vario Techno 125 cash Rp 15,97 Juta, DP minimal Rp 3,5 Juta, cicilan mulai 11-59 bulan. Berarti DP-nya 20% kan ya? Tertib. Ada sebagian konsumen yg merasa diuntungkan dg DP semakin rendah, tp ada yg justru enggan memilih DP rendah karena beban bunga cicilan jelas semakin gd. Pernah ngobrol dg seorang ojek yg mengaku berasal dari Sampang, dia ambil motor Vega tiga tahun lalu DP-nya cuma Rp 500.000 dan belinya pas mau Lebaran. Cicilan per bulan ambil yg paling rendah Rp 400.000. Setelah tiga bulan pakai buat dipamerin di kampung lalu dijual kembali. Lho, emangnya sengaja beli tidak untuk dipakai? "Ya niat dipakai, tapi kalo Vega rasanya banyak maling yg ngincer karena kuncinya tdk ada pengaman jadi  mudah dimodifikasi pake raja kunci. Honda lebih aman karena di bagian kuncinya dilengkapi pengaman, jadi malingnya agak susah," jelasnya. Wah, si markacong ni... kalo emang uda ada modus lain jelaslah ambil DP yang paling ringan.

No comments: