Wednesday, October 30, 2013

Madinah

Agak ωoω juga baca berita ini. Bukan apa2 sih, bacanya aja langsung kebayang gimana pas saya di Madinah kemarin. Siapa coba yang ngga pengen ngliat percetakan Al Quran terbesar di dunia. Tapi berhubung pemerintah Saudi diskriminatif ama pere (cew ato wanita) jadi ya saya n pere2 lain dalam rombongan ngga bisa masuk. Ngga dikasi Al Qurannya pula. Beda ama yang cowo2. Sejam qt nunggu d dalam bis, eh mereka keluar dg sumringan sambil menenteng Al Quran gratisan gitu. Duh ngiri. Lebih ngiri lagi, baca berita itu, si wartawan LKBN Antara yg bisa masuk dan wawancara, boleh foto2 prosesnya pula. Gratis itu. Pasti boleh.

Soal diskriminatif emang ngga bisa diganggugugat. Negara Islam. Maklum. Ajaran ini menjadikan wanita di posisi subordinat. Ngga heran, nyetir mobil aja dilarang klo di Saudi. Wanita jg ngga bole belanja sendirian ke supermarket ato pasar. Yang belanja suaminya ato anak lakinya ato siapa aja yg laki. Alhasil, pas saya puter2 jalanan pake "angkot" sewaan ngga ada tuh wanita berkeliaran kek di Indo. Pedagang di pasar juga lekong semua. Ckckckck.. 

Kubilang "angkot" krn emang mobil butut itu sengaja di-ojek-kan one-on-one, bkn rame2 kek bemo ato mikrolet. Super butut mobilnya, dan rata2 yang disewain emang butu smua. Nyari mobil ginian ni byk di Saudi. Di pinggir2 jalan tau2 uda berjajar rental mobil butut. Gambarannya kek mobil2 di film koboy tahun 50-an gitu lah. Muat 5-6 orang (depan 2-3 orang, belakang 3 orang). Knalpotnya nyaring, tapi merek mobilnya apa ya.. nggatau lupa. Ngga terkenal pokoknya.

Ngiri bisa masuk ke percetakan Al Quran, emang sih percetakan itu dibikin sbg wisata (siapapun turis muslim bisa masuk) tapi †ë†ëρ aja pere ngga pernah bisa masuk. Klo mereka khawatir si pere najis lantaran lagi mens tapi ngga jujur, kan ya bisa ditanya ato dg menerapkan mekanisme lain. Jamaah Indo kemungkinan besar jujurlah (menurutku sih), Al Quran kan suci. Berangkat ke tanah suci aja dibela-belain minum pil penunda menstruasi saking pengennya ibadah, apa ya iya masih mo nekad masuk ke percetakan Al Quran dalam kondisi menstruasi?

No comments: