Tuesday, October 15, 2013

Eid al-Adha

Selamat Idul Adha. Selamat Berlebaran Haji, bagi yang merayakan. Seperti biasa, saya memilih tidak memakan daging qurban kali ini. Vegan seharian (vegan : sebutan bagi kaum vegetarian). Ingatan saya masih trauma dg kejadian seekor kambing yg disembelih dengan dikalungi nama saya pake tali rafia dan kertas karton. Ya Allah teriakan suaranya ngeriiiiiii. Saya benar2 merasa bersalah membuat sakaratul mautnya dipercepat. Meski matanya menutup diantar doa, saya langsung pulang nangis dan ngga tega lagi makan daging qurban.

Jadi inget kicauan @sudjiwotedjo: Apa betul tafsir menyembelih hewan itu menyembelih sifat hewani dlm diri kita? Bukankah hewan lebih mulia, makan kalau laper aja dll #bingung. Penafsirannya memang tidak sesederhana itu. Ada banyak sekali filosofinya. Tapi maaf saya ngga akan membahas agama secara detil, mengingat saya memeluk agama ini juga belum lama. Filosofi berqurban yg lebih mudah saya pahami adalah konteks berbagi dengan sesama. Berbagi apa yg kita cintai yakni harta. Jadi, manusia emang cinta banget ma harta ya? Iya. Sebab, berbagi pacar apa mungkin? Hehehehe.. piss ah! Serius amat.

No comments: