Monday, October 14, 2013

Parker - Mont Blanc

Baru ngeh jika ballpoint merk Parker dan Mont Blanc itu mahal. Segitu prestisnya emang? Ngerti sih klo bolpen ini segmentasinya high-end tp masalahnya ngga tau seberapa mahal harganya di toko. Brp puluh ribu? ratus ribu? ato juta rupiah? Tiba2 saya punya banyak di rumah (klo dikumpulin ada 8). "Oh, jadi ini mahal to," gumam saya lamat-lamat mengamati bolpen-bolpen tsb setelah bongkar-bongkar goody bags. Apa sih yg bikin mahal? Paling juga dibikinnya di Pasuruan hahaha. Iya iya tau, mereka beli mereknya impor dan ngga murah, lalu tintanya ada standar khusus. Kek sepatu Rodhe sama Hush Puppies itu, harga Rp 750.000 pabriknya di Pasuruan. Emang bahannya kulit dan alasnya karet elastis yang super, tapi ya usia pemakaiannya sama aja kek sepatu yg harganya cepek Nevada punya Matahari Dept Store itu. Setahun harus ganti karena pasti dah ngga layak pake. 

Crita soal Parker ama Mont Blanc, saya kaga pernah beli. Dikasi cuma-cuma sebagai suvenir pas magang liputan (jangan ngiri ya :p ) Parahnya lagi, tuh bolpen nganggur buat pajangan. Untung ada beberapa yg sudah berpindah tangan, jadi lebih bermanfaat. Nah, ada seorang teman di kelas pas kuliah Advertising and Consumer Culture yg tiba2 ngomongin soal gimana prestisnya dia pake Parker ketika tanda tangan MoU di hadapan klien. Sesuatu lah, kata dia. Kan jadi inget "koleksi" Parker n Mont Blanc di rumah yang 4 diantaranya tintanya uda macet karena jarang kepake. "Oalah, ya maklum wong ndeso ngga nyadar klo yang dikasi itu barang prestis," Bahkan ada juga Parker yg digrafir namaku, *cihuy* masih inget itu kenang2an dari IIDI (Ikatan Istri Dokter Indonesia). Ya klo sosialita macam mereka ngasi satu bolpen Parker ke saya mah keciiilll. Orang duitnya turah-turah. Tp klo saya harus beli sendiri ya ogah. 

Ketika budaya tulis menulis di blocknote saat wawancara lalu berpindah ke gadget, bolpen menjadi kurang perhatian, demikian halnya blocknote yg juga mulai jadi pajangan. Kompetisi media yg begitu ketat, membuat wrtwn cetak mau tidak mau harus beralih menjadi wrtwn online. Artinya, bagi wrtwn cetak yang dulu nyatet wawancaranya di buku lalu ngetik beritanya di PC kantor pas di atas jam 5 sore, sekarang polanya berubah mirip wrtwn online atau portal. Ngetik beritanya di tempat wawancara ato on the spot (bahkan sambil berdiri) dan beritanya langsung ditayangkan di portal berita masing2 secara realtime. Ngetiknya pake BlackBerry atau gadget apa aja yg bisa langsung ngirim berita via email ke redaktur masing2. Ini uda jadi tren 3-4 tahun belakangan. Efeknya, jempol tangan dibuat kemeng gara2 keseringan nekan tombol qwerty.

Pernah suatu ketika seorang narsum (staf kementerian) yg kolot ngga ngerti perubahan budaya ini, lalu menuding si wrtwn mengabaikan dia saat berbicara karena dikira asik BBM-an. "Makanya perhatiin kalau saya lagi statement!" Loh, daritadi emang saya ngapain pak? Lha ini kan ngetik naskah di BB? *sambil memperlihatkan layar MemoPad BB* Eh diapun tengsin sambil membenahi kacamatanya.

No comments: