Sunday, October 13, 2013

Waktu Luang

"Gimana menghabiskan waktu luang klo pas ngga ada kuliah"
"Dapat jatah libur tiga hari tapi ngga tau mesti dipake apa"
"Weekend yang panjang ngga tau harus ngapain"

Saya selalu haus waktu luang alias "me time" sementara org lain bingung gimana menghabiskan waktu luangnya? Mungkin saya termasuk orang yang paling girang ketika bisa meloncat sejenak dari rutinitas. Itu sebabnya setelah resign dari pekerjaan dan menanti masa masuk kuliah dg jeda 5 bulan jadi "pengangguran" saya ngga ngerasa mati gaya. Selalu ada kesibukkan, selalu ada hobi-hobi baru yg bisa diciptakan utk membunuh waktu.

Hidup ini terlalu singkat untuk dikeluhkan, karena ada banyak hal menarik yg bisa qt amati dan qt gali di sekelilingnya. Kuncinya cuma satu, kita hrs punya kemauan mengeksplorasi. Eksplorasi apa saja utk menjawab keingintahuan kita. Memunculkan keingintahuan ini dari mana? Saya yakin jika setiap manusia dalam perjalanan hidupnya memiliki lebih dari satu preferensi atau kesukaan thdp sesuatu. Kuliner? Otomotif? Sport? Books? Fishing? Desain? Craft? Etc... Inilah yang bisa digali utk mengisi waktu luang.

Itu sebabnya agak aneh bagi saya ketika melihat seseorang merasa cukup dengan apa yang telah ia ketahui, merasa cukup dg aktivitasnya dan merasa cukup dg kekiniannya sehingga tdk ada upaya mencari kesibukkan atau sesuatu yg baru utk mengisi waktu luang. Maaf, dalam hal ini saya tdk ingin membahasnya dalam konteks agama (antara bersyukur dan tidak bersyukur). Jika masih bingung dg waktu luang, agaknya kamu perlu menciptakan hobi-hobi baru yg bisa membuat hidupmu lebih berkualitas atau bermakna dari rutinitasmu saat ini. Ada banyak hal yg bisa didalami. Awali dg yang murah meriah.

Time is valuable, and when it is gone, it is gone. Time is wealth, and unlike money, when it is gone, you cannot replace it ~ Napoleon Hill

No comments: