Thursday, July 23, 2015

Haters Gonna Hate

W : "Gw follow akun hatersnya BS ama MJ donk, seru aja nyela mereka di IG. Salah sendiri heboh banget. Lagian comment2 haters itu juga pada bikin ngakak," ujar seorang teman yg jujur bikin gw kaget. Dulu gw kenal dia sebagai anak baik, pendiam, ringan tangan, ngga banyak tingkah, royal ama temen. But suddenly she became a hater? Hmm... I think that it's not all of a sudden.

Gw : "Emang lu kenal BS ama MJ?"
W   : "Kenal lewat media doank"
Gw : "Pernah ikut comment?"
W   : "Mayan sering"
Gw : "Trus, lu segitu bencinya meski ngga kenal deket?"
W   : "Ngga siy, buat seru2an doank. Habis mereka norak"

Jadi geli sndiri. Sori, gw juga ngga ngefans ko ama mereka bedua. Tapi ngga benci juga. Haters seharusnya terjadi pada para ababil, ABG labil alias ABG alay yang tekunnya cuma belajar socmed. ABG sinting yang memuja sekolah Facebook, Twitter, Path, Instagram, etc. Jujur, fenomena haters emang unik. Mencuat seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi. Pionirnya mungkin saja generasi Z ato anak2 yg addicted to gadget. Tapi diamini oleh generasi terdahulunya, termasuk generasi X dan Y ato bahkan generasi baby boomers, hahah.. (tentu dg sasaran yg beda).

Bagi gw, haters itu luar biasa. Mereka rela buang2 waktu dan pikiran untuk hal yang ngga penting : Ngurusin masalah orang lain. Well, became a negative people sometimes really pathetic for someone else. Yakeles klo otaknya diisi hal2 penting doank, pasti ngga bakal ada waktu ngepoin dan comment jahat soal aktivitas orang dari akun media sosialnya. Sebab ngasi comment pasti perlu mikir. Jujur, gw juga banyak follow akun public figure baik di IG maupun Twitter. Tapi klo postingannya ngga banyak ngasi inspirasi ya tinggal unfollow doank.

Hidup ini uda terlalu capek mikirin masalah sendiri, apalagi masalah orang lain. Ngga sanggup. Klo ngga bisa bantu, minimal jangan mencela. Klo ngga bisa bikin orang senyum, minimal jangan bikin dia bete. Bolehlah comment klo kegiatan si public figure itu pake duit rakyat tapi impact nya ngga ada. Bisanya omdo tapi otak kosong. Silahkan mengkritisi dan kasi solusi. Sebab cuma org bego yg bisa ngritik tanpa solusi. Bisanya nyampah doank di socmed. Sayang banget kan.

Suka-suka dia, hidup dia, duit dia, makan juga ngga minta ama lu. See? Toh ketika lu jd haters, lu ngga bakal lebih baik dari orang yang lu benci. Percaya deh. Sebab orang yang hidupnya uda lebih baik, dia ngliatnya juga posthink ke depan. Kata orang Buddha/Hindu, awas karma. Kata ajaran Islam, istilah karma ngga ada tapi makna yang seperti karma ada. Sebab Tuhan dan semesta menghitung setiap inci perbuatan kita dimulai dari hati.

Wait, I'm not going to preach yo anyway. Tapi percayalah, bikin orang sakit hati dan sedih itu karmanya juga luar biasa. Seperti yg gw kasi contoh soal temen gw itu, dia pernah ngalamin diteror mati2an lewat SMS dan telp ama mantan istri pacarnya dan org2 suruhannya. Sedih banget donk, secara bertahun2 sampe2 temen gw itu hrs resign dari pekerjaannya. Gw yang denger malah ikutan sedih. Lama ngga ketemu, tapi sekalinya denger kabar kek gitu.

Sometimes, we're hard to remember what we have been doing. We're hard to understand how pain people feel because of our acts until we feel the same pain. Kata Tuhan, sebaik2 manusia adalah ia yang selalu melakukan introspeksi diri dari setiap kejadian yang menimpanya. Not to blame others.

No comments: