Sunday, July 26, 2015

Donasi Konsumen

Menjadi konsumen cerdas emang susah. Ngga cuma teliti sebelum membeli, tapi juga ngga gampang tergiur promo menjebak. Ngga cuma itu, mjd bijak thdp uang kembalian belanja jg penting.

Ke mana larinya uang kembalian belanja konsumen, perlu ditelusuri. Ngga susah kok, kan uda kebantu ama google dan official website ritel yg bersangkutan.

Seperti yang lagi rame sekarang, itu tuh donasi kembalian belanja. Banyak konsumen suka kesel klo ditodong kasir pas uang kembalian belanjanya diminta didonasikan. Yang sering kena celaan biasanya minimarket.

Ngga seberapa emang nilainya, tp konsumen tiba2 kebayang jumlah jaringan minimarket yg mencapai puluhan ribu maka mereka kebakaran jenggot ketika ngga tau persis bentuk pertanggungjawabannya.

Lah, harusnya kan bisa ditelusuri? Cek official websitenya, cek berita2 dari google. Tinggal searching semuanya ada kok. Ngga perlu teriak²  di socmed kek orang tolol, lagian tu duit yg namanya uda dipake amal ya tgjwb qt ama Tuhan. Pahala buat qt.

Coba deh iseng2 googling soal  pertanggungjawaban donasi konsumen, uda banyak kok media yang melansir beritanya. Yayasan yang ditunjuk buat mengelola donasi tsb juga jelas.

Kadang, orang hanya fokus ama ritel2 gd yang berjaringan seperti  Giant, Carrefour, Hypermart, Alfamart, Alfamidi serta Indomaret. Coba donk gw aja sering ngalamin raibnya uang kembalian belanja klo pas bayar di restoran ato toko2 baju dan toko2 aksesori di mal2.

Ngga besar emang, cuma 100-300 perak tapi kasirnya diem aja pura² bego ngga ngasi kembalian. Awalnya kesel, tapi yaudalaya buat tips elu. Toh gw ngasi segitu juga ngga bakal bikin gw miskin.

Gw yakin bkn cuma gw yg ngalamin kek beginian. Tapi apa dibikin rame? Konsumen pura² bego klo gini. Padahal jelas2 itu bukan donasi resmi tp masuk ke kantong pribadi.

Giliran ritel berjaringan aja langsung koar2, padahal pertanggungjawabannya jelas. Disaksiin notaris, dinsos, media, dan satu hal lagi, duit itu ngga pernah masuk ke kantong pribadi pengusaha ritel tsb.

Klo mau fair, jadilah yayasan yg siap mengelola donasi tsb. Bikin program yg feasible dan ajuin proposal, lalu presentasiin di depan manajemen ritel yang dipilih. Klo program lu bagus pasti bakal dipilih kok. Jangan salah, yayasan yg mengelola donasi konsumen itu fee-nya bisa nyampe 40% loh. Buat biaya operasional. Pertanggungjawabannya juga harus jelas. Ada rinciannya detil. Pernah baca? Terlibat juga.

Bukan maksud gw sotoy, tp sebelum koar2 sebaiknya dicek dulu. Sebelum ngritik yang ngga jelas juntrungannya, sebaiknya investigasi dulu. Jangan cuma ngasi laporan kejadian tapi tanpa ngasi solusi. Geli aja bacanya.

Klo ada kasir nakal, misalnya bilang donasi tapi masuk kantong pribadi, itu jelas perusahannya kaga taulah! Ya mana mgkn perusahaan gd melegalkan penipuan konsumen? Yg bener aja masbro! Klo ketahuan pasti bakal disanksi. Jadi ngga usa lebay deh!

Krywn perusahaan ritel aja sering byk ketipu kasir. Fasilitas diskon karyawan dipake belanja ama org lain sesama karyawan. Kok bisa? Bisa banget. Kasir tinggal input NIK (Nomor Induk Karyawan) doank.

Coba aja ketik NIK internal secara random. Bisa. Tp jgn salah, pemilik NIK yg sebenarnya bakal diinfo via email. Klo ngga ngerasa belanja tapi diskonnya kepake, bisa komplain. Tinggal diliat aja kode struknya, di maka lokasi tokonya bakal kelacak, kapan, jam berapa, siapa kasirnya, dan apa produk yg dibelinya. Kan juga ada CCTV di deket kasir.

Klo mau usaha buat memperkarakan yg begituan ya bisa banget. Cuma, kadang the power or ikhlas lebih sering bicara. Berapa sih gaji anak2 toko? Apa ya tega gara2 duit ngga seberapa tp ngliat mereka kena SP atau pecat?

Ini kejadian juga pas naik taksi BlueBird dari Bandara Soetta ke kos di daerah BMR Cikokol. Jam 23.15 turun dari pesawat, antre Blue Bird. Pas masuk taksi bilang ke sopir "Bang, BMR Cikokol tau ya? Belakang Transmart" "Iya neng" Pas uda keluar bandara, eh dia minta dipandu rutenya.

Alhasil krn sama2 ngga tau jalan, gw dibawa puter2 smpe argo bengkak jadi Rp 200.000. Mana di tengah jalan ujan deres dan sopir pura2 kencing di deket pohon pula. Tau sendiri alas di daerah Cengkareng sepinya kek apa. Sempet mikir buruk dikuntit komplotannya, ternyata itu trik buat bengkakin argo.

Kata sopir Blue Bird laennya pas gw naik bbrp hari kemudian, gw cerita dan dia saranin komplain aja ke call center Blue Bird. Sopir tsb bisa kena sanksi skors 1 th ngga boleh narik krn bikin konsumen kecewa dg argo yg bengkak. Tinggal sebut tgl dan waktu kejadian serta nomor lambung dan ama sopirnya. Waduh, kesian amat donk 1 th ngga gajian? Yaudala pak, gw ikhlas. Biar Tuhan aja yang bekerja terhadap niat buruknya ^^

No comments: