Wednesday, September 18, 2013

Shifting Role

Entah mengapa, saya selalu mengernyitkan dahi jika mendengar pengakuan seseorang bahwa ia bisa membaca karakter orang lain tanpa didahului komunikasi yg intens. Dukun? Paranormal? Cenayang? Bukan. Ini org akademis betulan yg mengupasnya secara ilmiah, jadi jauh dari bayangan dunia metafisika. Saya jadi terlintas menulis ttg pria paruh baya ini setelah tanpa sadar mengamati contact list di instant messanger WhatsApp. Saya lupa jika telah menyimpan nomornya, jadi ketika muncul fotonya yg berkumis dg blangkon sakeranya, saya langsung tersenyum teringat gayanya yg khas ketika menjelaskan. Spontan dan kocak. Semua anggota tubuhnya ikut bergerak ketika bercerita.

"Saya bisa mengkategorikan Anda2 semua ini ke dalam empat tipe karakter atau kepribadian manusia secara umum. Coba nanti ilmu saya kita uji," ujarnya pede. Saya cuma manggut2 dan bergumam, silahkan bicara semaunya. Soal percaya atau tidak, benar atau salah itu kembali pada penilaian masing-masing. Ia pun bangga mengaku sebagai konsultan di departemen HRD sebuah perusahaan AS di Indo, selain itu dia juga mengaku sbg konsultan partai2 politik. Ia bertugas menganalisis karakter org lain hanya dari gurat wajahnya. Sakti ya? Sebetulnya, kata dia, ilmu yg sdg ia jelaskan ini adalah disertasinya beberapa tahun silam.

Entah bgmn ceritanya, saya tiba-tiba masuk dalam kategori tipe III - formal, easy going, tdk suka tampil, kaku ke dalam dan berunsur tanah. Ada tmn2 lainnya yang masuk kategori tipe I, tipe II dan tipe IV. "Penilaian saya terhadap Anda2 ini sifatnya hanya sekilas atau tampilan luar berdasarkan teori2 yg saya pakai. Pada dasarnya manusia meskipun ia unik tapi selalu memiliki kecenderungan. Ia akan memiliki pola yang sama dalam waktu yg lama. Karakternya lama2 akan berpola," jelas dia.

Satu hal yg akhirnya bikin saya sepakat dengan teorinya, di ujung cerita ia menambahkan bahwa tipe2 tersebut bukan harga mati. Artinya, setiap org bisa shifting role/type. Kadang ia menjadi tipe I, kadang tipe II, III, dan IV. Tapi pd intinya, setiap org punya kecenderungan kuat mengarah pada satu tipe saja. Allright sir, agree!

No comments: