Friday, September 20, 2013

Goguma Latte

Tidak pernah terpikir bagi saya menjadikan kentang sebagai minuman hingga seorang teman asal Korea bbrp bulan silam memperkenalkan minuman bernama goguma latte (고구마 라떼) di sebuah kafe bernama Hollys Coffee (semacam Starbucknya Korea). Barusan saya mencoba meraciknya sendiri di rumah krn di kota saya rasanya kok tidak ada yg menjual minuman ini. Bahannya cukup sederhana, sweet potatoes (kukus matang), green tea powder, madu dan susu. Semua bahan dijus jadi satu. Boleh ditambah dengan creamer sesuka hati plus susu dan irisan kacang almond di bagian atasnya setelah dituang ke dalam gelas. Disana klo tdk salah ingat harganya sekitar ₩3000 (ukuran sedang). Sajikan dengan panas atau hangat. Kami menikmati goguma latte take away di tepi sungai cheonggyecheon, krn kebetulan gerai Hollys Coffee juga ada disana. Suasana malam hari di tepi sungai ini keren sekali. Romantis. Banyak muda-mudi ciuman sembarangan *tepokjidat

Sebetulnya ada banyak gerai Hollys Coffee di Seoul, lebih dari 15. Kafe ini mulai kesohor sejak berkali-kali nampang di beberapa judul drama korea. Ketenarannya di Seoul juga tak kalah dg Starbuck. Cuma, ketika teman saya mengajak ke Starbuck saya menolak. Apa bedanya dg di Indo? Bisnis kafe berbasis beverage dg konsep moderen di Seoul luar biasa tinggi. Si oppa ganteng Jaejoong dan Siwon Suju pun ikut mencicipi lezatnya bisnis ini lewat Coffee Cojjee (Jaejoong) dan Twoseome (Siwon). Keduanya juga membuka gerai di distrik Gangnam. Di gang-gang perumahan penduduk spt Bukchon, konsep kafe kopi moderen juga byk dijumpai (beda dg di kota saya, yg ada di gang-gang rumah penduduk adalah warung kopi tradisional). Klo di Seoul, gerai kafe kopi di gang-gang juga dikemas sama2 moderen dg gerai yg di tepi jalan raya atau public are, bedanya jumlah seatnya tidak banyak karena ukuran outletnya mungil.

No comments: