Friday, September 13, 2013

Malagasy (마라가시)

Saya kembali terkesan dg sebuah negara bernama Madagaskar. Dari dua teman Madagaskar yg saya kenal, mereka memahami Indonesia lebih baik dibandingkan saya memahami negara mereka. "I'm from Madagascar, and you?" tanya teman wanita sekamar saya waktu di Seoul. "Indonesia." "Oh really? I've been two times to Indonesia for research, and now in Seoul I'm doing a research too," she said.

She knows a lot about my country, and I told her that I only knew Madagascar from cartoon movie "Lost in Madagascar." "Hahaha.. U're not gonna lost!"  "Well, is it Africa or somewhere?"  "Yes, about two hours from Africa by plane." Unfortunately, we didn't talk much because she already left by early the next morning.

Kali kedua, seorang Malagasy yg saya kenal yakni di bangku perkuliahan. Dia pria berperawakan kecil, kepala plontos, berkulit gelap, bahasa Indonya sdh fasih (sebab dia 8 bln ia tinggal di Indo). Beda dg Malagasy yg saya kenal di Seoul. Tapi perawakan secara fisik keduanya hampir sama, kecil dan berkulit gelap (tapi tdk segelap kulit orang Afrika), dan rambut teman wanita saya itu juga tdk sekeriting org Afrika. Untuk memudahkan gambarannya, spt Anda membandingkan org pribumi Ambon dg pribumi Jayapura. Pigmen melanin org Jayapura jauh lebih banyak atau menonjol dibandingkan org Ambon.

Teman Malagasy saya di bangku kuliah ini sengaja memilih Indo sbg tempat studinya karena berdasarkan referensi dari teman2nya, perguruan tinggi di Indo lebih baik ketimbang negara asalnya. Kebetulan, banyak perguruan tinggi negeri di Indo (termasuk Sby) yg bekerjasama dg pemerintahan Madagaskar. Ada semacam beasiswa pertukaran pelajar gitu. Juga, kata dia, banyak kuliner lezat yg bisa dicoba di Indo.

Tak banyak yg saya ketahui ttg Republik Madagaskar ini. Kepulauan tenggara Afrika yang baru merdeka dari jajahan Prancis pada 1960 ini tercatat sebagai salah satu negara miskin di dunia. Berdasarkan data IMF 2012, total GDP negara ini saat itu hanya sebesar 10,117 juta dolar AS (berada di peringkat 130). Sedangkan total GDP Indo 878,196 juta dolar AS (berada di peringkat 16).

No comments: