Tuesday, July 1, 2008

Kebaikan

Tentang definisi teman baik. Sejauh mana seorang teman dapat kita katakan baik. Kata baik itu sendiri merupakan sebuah penegasian. Tidak jahat, tidak curang, tidak pamrih, tidak suka bohong, tidak parasit, bla bla bla.

Sayangnya, setiap kita punya batasan sendiri ttg apa yg dianggap jahat, curang, pamrih, bohong, parasit. Maka, makna baik itupun menjadi sumir. Yang ada bukan teman baik karena seorang teman adalah sebuah kepentingan.

Teman hadir karena sebuah kepentingan yg sama. Kebaikan tetap terjaga manakala kepentingan itu saling sejalan. Sebaliknya, jika salah satu memiliki kepentingan berbeda maka kebaikan juga akan luntur dg sendirinya.

Maka kawan, tidaklah terlalu berguna mendewakan kebaikan seseorang. Tidaklah amat berguna setia berjalan di satu koridor. Adakah yg ingin diraih ketika pengorbanan diri thdp org lain melebihi pengorbanan thdp diri sendiri?

Diantara kekaguman dua sahabat/kawan, Tuhan menguji sebuah ketulusan. Menguji rasa saling percaya dan sebuah janji tak saling menyakiti. Namun sayang, teman adalah sebuah kepentingan. Kebaikan abadi itu tak pernah ada. Kebaikan sempurna hanya milik Tuhan. Kebaikan yg tak berbalas tetap ada di tangan Illahi.

Terima kasih sahabat, telah menunjukkan padaku tentang arti kebaikan diantara kepentingan yg (setidaknya) pernah sejalan...

No comments: