Wednesday, May 9, 2007

with all regards… con todo el respeto

Kebaikan bukanlah penebus dosa masa lalu. Ia datang dan berjalan pd alurnya sendiri tanpa berharap kesempurnaan. Kebaikan, kadang dimanfaatkan org2 tak bertgjwb. Namun tak perlu risau. Hukum alam masih berlaku. Sebuah hukum keseimbangan atas segala yg ada di muka bumi.
Mengikis kebaikan org lain, sama halnya mengikis kebaikan dirinya sendiri. Tak seorangpun bisa mengikis apa yg telah menjadi miliknya / milik org lain. Karena manusia terlahir dlm porsi yg utuh. Bukankah Tuhan telah membungkusnya dalam karma2 abadi? (and I? soy el quiénes crea en karma :o).
Jika orang menerima begitu banyak kebaikan dari Tuhan dan org2 sekelilingnya, kebaikan pula yg ingin ia berikan pd org lain. Entah bgmn org akan memaknai! Entah bgmn org akan menerka-nerka!
Kegagalan, kekecewaan, dan tangis adalah kebaikan dlm bentuk yg berbeda, bagiku itu menempati sudut paling kecil dari ruang kebaikan. Namun pd suatu waktu ia juga bisa menempati separo dr ruang kebaikan. Bukankah Tuhan selalu punya cara sendiri membawa manusia pd kata sepakat dgNya. Tentang suatu (kebaikan) yg begitu unik. Kebaikan yg tulus hanya miliki org2 yg tak memilih. Memberi maupun menerima sebatas kebaikan itu bisa berjalan. Namun, adakah kebaikan salah menempatkan diri? Surely no. ¡seguramente no!
Melangkahlah perlahan. Biarlah org memaknai kebaikan sebisa mereka memaknainya.

No comments: